8.9.23

Hapus Jejak Emisi Karbon di Bumi, KeMANGI Lakukan Pendampingan Penanaman dan Pemantauan Adopsi 1.000 Bibit Mangrove kepada Taiwan Excellence dan Bank CTBC di SMC Jateng

Semarang - KeMANGI. KeMANGI kembali melakukan program Adopsi Mangrove pada bulan Agustus 2023 di Semarang Mangrove Center (SMC) Jawa Tengah (Jateng). Kali ini, KeMANGI menanam dan memantaukan 1.000 bibit mangrove jenis Rhizophora mucronata dari Taiwan Excellence dan Bank CTBC. (18/8/2023).

“Saya senang karena dapat membantu menanam dan memantaukan mangrove dari Taiwan Excellence dan Bank CTBC," kata Bambang Jati Laksono (Staf Manajer Humas dan Lapangan). "Saya harap, mangrove yang sudah kami bantu tanam dan pantaukan ini, akan dapat melindungi kawasan pesisir di SMC Jateng dari abrasi pantai, sekaligus dapat menghapus jejak emisi karbon di bumi,” lanjutnya.

Pada Adopsi Mangrove kali ini, sebanyak 1.000 bibit mangrove jenis Rhizophora atau Bakau yang ditanam, juga akan dipantau oleh KeMANGI selama tiga bulan untuk mengoptimalkan kelulushidupannya.

KeMANGI memiliki komitmen untuk terus mendampingi masyarakat yang ingin menunjukkan rasa kepeduliannya terhadap mangrove namun terkendala waktu, situasi dan kondisi.

"Adopsi Mangrove merupakan skema kami untuk membantu masyarakat yang ingin menanam mangrove, namun tidak bisa langsung ke lapangan," ujar Bambang. "Kami bisa memfasilitasi hal tersebut. Kamilah yang akan menanam dan memantau mangrove mereka, melalui Adopsi Mangrove," terangnya lebih lanjut.

Pada kesempatan ini, bibit mangrove ditanam di hamparan dekat pantai dengan tujuan untuk mencegah abrasi pantai semakin meluas di kawasan SMC Jateng.

Setelah dilakukan penanaman, KeMANGI juga memberikan Sertifikat Pengadopsi Mangrove kepada Taiwan Excellence dan Bank CTBC sebagai bukti bahwa keduanya sudah mengikuti program Adopsi Mangrove untuk memitigasi dampak perubahan iklim di bumi.

Keseluruhan kegiatan yang diawali pada pukul 08.00 - 12.00 WIB ini berlangsung dengan baik dan lancar yang diakhiri dengan pengambilan foto untuk publikasi dan pelaporan kegiatan. (ADM/BJL).

No comments:

Post a Comment