11.10.23

Hapus Jejak Emisi Karbon di Bumi, Taiwan Excellence Adopsi 1.323 Mangrove di SMC Jateng

Jakarta - KeMANGI. IKAMaT melalui salah satu unit bisnisnya, yaitu KeMANGI yang memiliki program unggulan Adopsi Mangrove (AM) bekerja sama dengan Taiwan Excellence melakukan program AM dengan total adopsi mencapai 1.323 bibit mangrove. Program AM ini dipilih sebagai kegiatan charity pada Taiwan Excellence Happy Run 2023 yang dilaksanakan secara rutin setiap tahun di Pasar Seni, Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta (6/8/2023).

Program AM dipilih sebagai charity dalam kegiatan tersebut sebagai bentuk kepedulian para pelari dalam menjaga dan melestarikan lingkungan, khususnya hutan mangrove. Sebagai informasi, mangrove merupakan ekosistem yang terdapat pada daerah intertidal yang memiliki simpanan karbon terbesar di bumi. Untuk itulah, ekosistem mangrove disebut sebagai carbon-rich ecosystem.

Mangrove yang diadopsi oleh Taiwan Excellence akan ditanam di Semarang Mangrove Center (SMC) Jawa Tengah (Jateng). Mangrove tersebut akan dipantau selama masa kritisnya, yaitu pada tiga bulan pertama dan akan dilaporkan persentase kelulushidupan dan pertumbuhannya oleh KeMANGI kepada Taiwan Excellence.

“Terima kasih kami ucapkan kepada Taiwan Excellence yang sudah ikut peduli dengan pelestarian hutan mangrove di Indonesia. Program AM ini sangat berguna dalam kegiatan mitigasi perubahan iklim, mengingat mangrove dapat menghapus jejak emisi karbon di bumi," kata Paspha G. M. Putra (Manajer Humas dan Lapangan). "Selain itu, mangrove juga berfungsi untuk mencegah abrasi pantai dan dapat dimanfaatkan sebagai produk turunan mangrove bukan kayu untuk kesejahteraan warga di pesisir kita,” lanjutnya.

Panitia Taiwan Excellence Happy Run 2023 tidak lupa juga mengucapkan terima kasih kepada IKAMaT dan KeMANGI yang sudah memfasilitasi skema penebusan karbon untuk kegiatan mereka.

Kegiatan simbolisasi penyerahan 1.323 bibit mangrove diikuti dengan simbolisasi penanaman mangrove. Keseluruhan kegiatan yang dimulai pada pukul 10.00 WIB - 10.30 WIB ini berjalan dengan baik dan lancar yang diakhiri dengan foto bersama. (PGMP/AP/ADM).

No comments:

Post a Comment